Kamis, 13 Oktober 2016

12 Cara Super Ampuh Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Apakah selama ini anda merasa kurang percaya diri? 

Jika ya, mungkin anda pernah menghadapi satu peristiwa dimana saat anda masih duduk di bangku sekolah tiba-tiba guru menyuruh anda tampil ke depan untuk memperkenalkan diri di hadapan teman-teman baru anda

Spontan anda pasti kaget serta gugup karena tak menyangka akan menghadapi persoalan seperti ini tanpa persiapan. Tanpa terasa badan anda gemetaran dan keringatpun mulai bercucuran sehingga membuat anda tidak fokus/konsentrasi ketika berada didepan kelas.

Atau anda mungkin juga pernah merasa kurang percaya diri saat bertemu cewek/cowok yang anda taksir. Anda menjadi salah tingkah saat ngobrol dengan si dia. Rasa minder juga sering kali menghampiri ketika melihat teman anda memiliki wajah lebih ganteng/cantik, lebih keren, lebih kaya dan lebih segalanya dari anda. Sehingga anda berfikir lebih baik memilih menghindar saja setiap kali sengaja ataupun tidak bertemu dengan mereka.


Menurut saya, perasaan gugup, malu, minder serta rendah diri hanya akan semakin menenggelamkan anda ke hal yang negatif. Untuk itu anda mesti berubah. Berubah 
disini bukan berarti anda menjadi spiderman atau superman loh ya. Tetapi ubahlah mindset anda untuk menjadi pribadi yang selalu semangat guna meraih kesuksesan seperti yang orang lain capai. Tumbuhkanlah rasa percaya diri anda sehingga anda yakin bahwa andapun bisa melakukan apa yang orang lain bisa lakukan.

Untuk itu saya akan membagikan beberapa cara meningkatkan rasa percaya diri yang bisa anda coba terapkan untuk menjalani hidup ini. 

1. Selalu mengingat Tuhan Yang Maha Esa

Kepada siapa anda akan mengadu saat anda sedang menghadapi masalah? 

Ini adalah sebuah pertanyaan yang kebanyakan orang akan menjawab orang tua, kerabat, pasangan ataupun teman.

Nah, sekarang pertanyaan berikutnya,

 bagaimana jika anda tidak mendapat solusi permasalahan dari orang-orang terdekat anda itu? 

Jawabannya hanya satu, yang bisa dan dapat mendengarkan keluh kesah anda serta memberikan solusi tentang masalah anda yakni Tuhan Yang Maha Esa. Kenapa? Karena Tuhanlah yang menciptakan kita dan kepadanyalah kita kembali.

Jadi, setiap ada masalah apapun anda harus selalu ingat kepada Tuhan. Itu akan membuat hati anda lebih tenang. Begitu juga masalah percaya diri, ketika anda merasa hati tidak tentram dan rasa percaya diri anda menurun, coba untuk ingat dan beribadah kepadanya maka hati anda akan diselimuti ketenangan dan siap untuk menghadapi apapun.

Untuk itu solusi meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri yang pertama harus anda lakukan adalah mengingat Tuhan Yang Maha Esa.

2. Suntikkanlah motivasi untuk diri sendiri

Tanpa kepercayaan diri yang tinggi, anda tidak akan bisa mencapai sesuatu yang besar. Untuk itu motivasilah diri anda. Tekun dan teruslah semangat agar anda bisa mencapai apa yang anda inginkan. Jika selama ini anda lebih sering berfikiran pesimis tentang diri anda, cobalah untuk bangkit denan membangun rasa percaya diri yang kuat.

Saya ambil contoh, anda ditunjuk untuk menjadi seorang pembicara dalam forum perkumpulan RT atau semacamnya sementara anda tidak terbiasa melakukan hal tersebut. Pasti dalam benak anda,  akan timbul rasa grogi, malu, takut salah ngomong, takut ditertawakan orang lain dan bermacam-macam pikiran negatif yang membebani pikiran anda.

Anda harus bisa mengatasi hal tersebut, Tanamkan dalam diri anda bahwa  jika orang lain bisa menjadi pembicara, andapun harus bisa. motivasilah diri anda dengan mengubah pikiran negatif menjadi energi positif agar anda lebih percaya diri. Berfikiran negatif tidak akan menyelesaikan masalah apapun malah akan menambah masalah.

Nah, jika anda mampu memotivasi diri untuk menghilangkan pikiran negatif, maka anda akan dapat menerjang setiap tantangan kehidupan dengan hati yang tenang dan pikiran yang fokus karena anda merasa yakin bahwa anda mampu untuk melewatinya.

3. Ubah cara berpenampilan


Coba anda berdiri dan berkacalah di depan cermin!  Apakah penampilan anda sudah menarik?

Jika belum, ubahlah penampilan anda dari sekarang. Bukalah lemari dan pilih pakaian yang menurut anda paling keren. Anda juga bisa bereksperimen dengan merubah gaya rambut. Jika anda cowok, memakai minyak rambut menjadi cara praktis  membuat rambut anda lebih keren dan maskulin. Begitu juga untuk cewek, anda bisa datang ke salon untuk mencoba gaya rambut lain yang tentunya lebih modis. Tidak lupa juga untuk memakai parfum agar anda semakin pede.

Setelah itu anda bisa berkaca di depan cermin kembali untuk melihat penampilan baru anda. Dengan penampilan dan gaya baru  akan menumbuhkan rasa percaya diri anda menjadi lebih baik. 


Memang sebenarnya tidak harus mengubah penampilan untuk menumbuhkan rasa percaya diri. Di luar sana banyak orang yang berpenampilan seadanya  tetapi tetap terlihat percaya diri. Namun jika anda termasuk orang yang peduli terhadap fashion, tidak ada salahnya untuk mencoba penampilan yang baru.

4. Tekuni dan tunjukkan bakat anda 

Apakah anda memiliki bakat? 

Misalnya saja bakat menyanyi, menulis, atau mengarang. Bisa juga bakat di bidang olahraga seperti sepakbola, volly atau basket. Tunjukkanlah bakat anda tersebut dan mulailah untuk menekuninya. Jadikanlah bakat anda sebagai hobi sehingga anda dengan senang hati mengasah bakat tersebut. 

Sebagai contoh anda bakat dalam hal memasak. Cobalah untuk berfikir positif siapa tahu bakat anda ini akan mengantar anda meraih kesuksesan di kemudian hari. mulailah berimajinasi dengan resep makanan dan praktekkan. Minta tolonglah pada salah satu anggota keluarga untuk mencicipi masakan hasil karya anda. Jika pendapat mereka mengatakan tidak enak jangan putus asa. 

Coba dan cobalah terus sampai mereka mengatakan masakan anda enak. Ingat, satu saja pujian yang di alamatkan kepada anda akan meningkatkan rasa percaya diri semakin tinggi.

5. Jadikan kesuksesan orang lain sebagai pelecut semangat

Ketika melihat teman sekantor anda telah memiliki rumah dan mobil pribadi sementara anda sendiri masih mengontrak rumah, mungkin terbesit dalam diri anda perasaan iri. Anda bertanya-tanya kenapa teman anda bisa jauh meninggalkan anda padahal gaji tidak jauh berbeda.


Jika anda berpikir demikian, anda salah besar. Semakin anda iri dengan pencapaian orang lain maka anda akan semakin merasa rendah diri dihadapan orang. Untuk itu cobalah untuk meniru mereka. Jadikanlah kesuksesan teman anda sebagai pelecut semangat untuk anda bisa mencapai kesuksesan yang sama.

6. Tambahlah kemampuan anda setiap hari walau hanya seujung kuku

Makin bertambahnya hari, maka usia  makin bertambah. Untuk itu cobalah untuk meningkatkan percaya diri anda dengan menambah kemampuan anda walau hanya sedikit.

Sebagai contoh anda berkeinginan untuk bisa melakukan push up sebanyak 50 kali tanpa henti untuk memperkuat otot tangan. Sementara itu anda selama ini hanya mampu melakukannya 10 kali saja. Anda harus berusaha meningkatkan kemampuan dengan melakukan push up setiap hari tidak kurang dari sepuluh dan menambah satu gerakan push up setiap bertambahnya hari. 

Alhasil anda pasti bisa melakukan  push up sesuai yang anda targetkan dalam waktu kurang dari dua bulan saja. Hal ini pernah saya buktikan ketika saya akan ikut tes seleksi pendaftaran TNI-AD. Seiring dengan bertambahnya kemampuan, anda akan semakin percaya diri untuk melakukan hal yang sebelumnya anda berfikir tidak mampu untuk melakukannya.

7. Syukuri apa yang anda miliki

Sebagai manusia, kita telah diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa berupa akal dan pikiran. Sehingga kita memiliki derajat yang lebih tinggi dibandingkan makhluk ciptaan Tuhan lainnya.


Syukurilah apa yang telah anda miliki saat ini. Anda telah memiliki pekerjaaan yang tetap, memiliki rumah sendiri, keluarga, keturunan dan banyak hal yang anda telah miliki. Coba anda renungkan, di luar sana masih banyak yang tidak seberuntung anda. Masih banyak orang yang tidak memiliki tempat tinggal dan perut lebih sering dalam keadaan kosong. 

Dengan mengucap syukur kepada Tuhan, anda akan semakin percaya diri dalam menghadapi cobaan. Percayalah bahwa Tuhan sayang pada anda.

8. Siapkan segala sesuatu dengan baik

Anda mungkin pernah mengalami perasaan gugup saat mengerjakan tes ujian sekolah atau masuk kerja. Rasanya anda tidak yakin akan dapat menyelesaikan soal yang diberikan sehingga kepercayaan diri anda semakin down. Itu terjadi karena anda kurang persiapan.

Misalnya saja sebuah klub sepak bola di eropa. Sebelum memulai kompetisi, Persiapan matang harus dilakukan agar mereka mampu bersaing dengan klub lain. Aktifitas jual beli pemain, latihan intensif, serta serangkaian uji coba dilakukan guna mempersiapkan tim kesebelasan yang mampu bersaing untuk menghadapi kompetisi yang begitu ketat.  

Anda juga harus bersikap demikian. Apapun aktifitas yang akan anda lakukan, persiapkanlah segala sesuatu dengan baik. Jika anda sedang menghadapi ujian, anda harus belajar terlebih dahulu sehingga anda akan percaya diri saat ujian itu menghampiri anda.

9. Terus dan teruslah belajar untuk menambah wawasan dan pengetahuan

Secara umum bertambahnya wawasan dan pengetahuan akan menambah kepercayaan diri anda dalam bergaul. Anggap saja pengetahuan yang anda baca lewat buku atau internet akan berguna untuk orang lain. Teman-teman yang selama ini memandang anda sebelah mata akan mulai mendekati anda untuk sekedar sharing karena anda dianggap memiliki pengetahuan yang lebih baik dibanding mereka.

10. Jangan lupakan efek sebuah senyuman  

Efek dari sedikit saja senyuman dari bibir anda akan memberikan kebahagiaan bagi diri sendiri maupun orang yang anda temui. Untuk itu mulailah segala aktifitas yang anda lakukan dari bangun sampai tidur kembali dengan tersenyum maka anda akan merasakan energi positif yang akan meningkatkan kepercayaan diri anda.

11. Berusahalah untuk menyapa orang lebih dulu 

Senyuman adalah modal terbaik untuk mendapatkan banyak teman. Selain itu berusahalah agar anda bisa menjadi orang yang bisa mencairkan suasana ketika sedang bertemu orang lain.

Dengan menyapa orang lebih dulu anda akan lebih percaya diri. Orang lain akan menyukai sikap anda yang ramah. Andapun akan merasa lebih nyaman karena telah melakukan perbuatan yang positif.

12. Berdoa  

Terakhir, Berdoa adalah langkah terpenting sebelum anda memulai aktifitas. Dengan selalu mengingat dan berdoa kepada Tuhan, maka akan menumbuhkan rasa percaya diri anda. Hal ini berdampak terhadap hasil yang anda capai setelah melakukan segala aktifitas yang anda kerjakan.

Rasa percaya diri itu bisa di ubah, tinggal bagaimana anda memulainya. Jika anda selalu pesimis berubahlah sedikit demi sedikit. Yakinlah akan kemampuan anda sendiri. Tanamkan dalam diri bahwa anda orang yang berharga dan mau berusaha untuk menjadi orang yang berguna bagi siapapun. 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar