Jumat, 21 Oktober 2016

16 Cara Melatih Kekuatan Mental Anda



Mental adalah suatu kekuatan diri sendiri dalam menghadapi situasi apapun. Setiap orang pasti memiliki mental yang berbeda-beda. Ada yang mentalnya kuat dan ada juga yang mentalnya lemah. 

Ketika seseorang memiliki mental yang kuat, maka dia dapat mengatasi segala macam halangan dan rintangan kehidupan sehingga membuat kualitas hidup menjadi lebih baik.

Situasi ini berbeda jika memiliki mental yang lemah. Rasa takut gagal dan tidak percaya diri dalam menghadapi suatu permasalahan akan terus membayangi. Sehingga apapun yang dilakukan tidak pernah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. 

Memiliki mental yang kuat tentu menjadi harapan setiap orang. Namun tidak semua orang mampu untuk melakukannya. Di butuhkan kerja keras dan latihan untuk membentuk mental yang kuat. Tentu saja ini tidak bisa dilakukan secara instan. 

Bagaimana dengan anda? Apakah anda merasa masih memiliki mental yang lemah?

Jika ya, sepertinya anda perlu melatih kekuatan mental agar menjadi lebih kuat. Untuk itu saya akan bagikan beberapa tips yang bisa anda coba mulai dari sekarang.

Berikut ini cara melatih kekuatan mental anda 

1. Ingat dan berdoalah pada Tuhan

Mental yang lemah terjadi karena anda terlalu takut dalam menghadapi suatu permasalahan. Anda sudah berfikir akan mengalami kegagalan sebelum anda melakukannya. 

Ketika anda merasa lemah secara mental, mengingat Tuhan Yang Maha Esa menjadi cara pertama yang harus anda lakukan. Anda bisa beribadah  dan berdoa padanya agar jiwa anda di selimuti ketenangan. Jika suasana hati telah damai dan tentram, mental anda akan kuat dalam menghadapi segala masalah. 

2. Hilangkan pikiran negatif anda

Tidak yakin akan kemampuan anda sendiri. Takut mengalami kegagalan saat mengerjakan sesuatu. Minder ketika bertemu teman yang sudah sukses. Itu semua adalah pikiran negatif yang membayangi anda selama ini.

Jika anda ingin memiliki mental yang kuat. Ubahlah pola pikir negatif anda menjadi energi positif yang bisa membuat anda mampu dan percaya diri dalam menyelesaikan maslah.

Toh, Tuhan menciptakan manusia dengan derajat yang sama. Jadi kenapa harus minder dan takut. Anda harus berfikir positif ketika melihat teman anda sukses. Berarti dia telah melewati ujian hidup yang berat hingga berhasil sampai sekarang. 

Anda bisa berkata pada diri sendiri bahwa anda pintar, tidak lemah dan mampu menyelesaikan rintangan apapun. Sugesti yang anda tanamkan akan menumbuhkan kekuatan mental anda.

3. Jangan terpengaruh komentar orang lain

Ketika anda terpengaruh dengan komentar orang lain maka mental anda akan semakin melemah. Orang lain berhak berkomentar apapun tentang anda. Ada yang bilang anda penakut. Ada yang bilang anda tidak akan sukses. Ada yang bilang anda tidak bisa apa-apa.  

Semua itu hanya komentar orang lain yang harus anda buang jauh-jauh. Anda hanya perlu membuktikan bahwa komentar mereka salah. Jadikan komentar orang lain yang merendahkan anda sebagai cambuk untuk meraih kesuksesan. 

4. Jadilah diri sendiri

Meniru orang lain akan membuat mental anda semakin lemah. Semakin anda kejar, maka orang yang anda tiru akan semakin sukses. Anda tidak perlu bandingkan diri anda dengan mereka yang telah sukses melampaui anda. 

Untuk menjadi pribadi yang bermental kuat, anda hanya perlu menjadi diri sendiri. Lihatlah kelebihan yang anda miliki. Anda di berikan fisik yang sempurna oleh Tuhan, anda memiliki keluarga dan tempat tinggal serta telah mempunyai pekerjaaan tetap. 

Sekarang coba anda tengok di sekeliling anda. Masih banyak yang tidak beruntung dibandingkan anda. Sepatutnya anda bersyukur pada Tuhan dan jadilah diri sendiri agar anda memiliki mental yang kuat.

5. Jauhi kebiasaan buruk

Banyak orang yang mengkonsumsi minuman keras dan obat-obatan terlarang ketika mereka sedang di timpa masalah. Mereka berfikir dengan cara itu maka masalah akan selesai. Namun bukannya selesai malah akan timbul masalah baru yang lebih besar. 

Kebiasaan buruk seperti itu yang bisa melemahkan mental anda. Jangan sekali-kali anda lari dari masalah dengan meneguk minuman keras maupun obat terlarang. Anda bisa mengganti kebiasaan tersebut dengan kebiasaan baru yang lebih positif.

Contoh kecil kebiasaan baik yang bisa anda lakukan misalnya jika selama ini anda membuang sampah seenaknya, anda bisa mulai membiasakan dengan membuang sampah pada tempatnya. Dengan sikap disiplin pada diri anda sendiri akan melatih mental anda.

6. kegagalan bukan akhir dari segalanya

Kegagalan tidak akan lepas dari perjalanan hidup manusia. Lihatlah Thomas Alva Edison sang penemu lampu pijar. Dia mengalami 1000 kali kegagalan untuk dapat menemukan bola lampu ciptaannya. 

Kegagalan memang harus dilewati agar anda bisa mencapai kesuksesan. Anda hanya perlu melatih mental anda agar cerdas dalam menilai sebuah kegagalan. Berfikirlah bahwa sepuluh, seratus atau seribu kegagalan yang anda alami adalah tonggak pembelajaran untuk meraih kesuksesan.

7. Jangan terlalu serius dengan hal-hal yang sepele

Hidup ini terlalu mahal jika anda terlalu serius memikirkan hal-hal sepele disekitar anda. Jangan anda mudah tersinggung ketika ada orang lain membicarakan atau menjelek-jelekkan anda. Anggap saja mereka iri pada kelebihan yang anda miliki. 

Anda hanya akan mengalami penurunan mental jika menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting. Lebih baik anda berfikir positif jika ada orang lain yang membicarakan hal buruk tentang anda. Anda hanya perlu serius ketika memikirkan hal-hal besar yang bisa membuat hidup anda lebih baik

8. Perbanyak kemampuan

Memperbanyak kemampuan akan membuat kepercayaan diri dan mental anda semakin kuat. Anda bisa melatih kembali kemampuan yang anda miliki atau menambah kemampuan lain.

Misalnya saja anda seorang ahli komputer yang sudah jago masalah otak-atik komputer. Namun anda tidak bisa menyetir mobil. Anda bisa mengikuti kursus menyetir mobil untuk menambah kemampuan anda. Dengan memperbanyak kemampuan akan membuat mental anda semakin kuat. 

9. Perhatikan diri sendiri

Perhatikan diri anda. Apakah anda sudah percaya diri dengan penampilan anda sekarang? Jika belum anda perlu merawat diri dengan mengubah penampilan.

Misalnya saja jika anda merasa kegemukan. Anda bisa pergi ke gym untuk menurunkan berat badan anda. Intinya ketika penampilan anda enak di lihat orang, maka anda akan semakin percaya diri dan mental anda semakin kuat.

10. Lupakan masa lalu yang mengganggu

Anda mempunyai trauma masa kecil yang susah untuk dilupakan? Lupakan masa lalu anda. Bentuk mental anda menjadi kuat agar anda bisa bangkit dari keterpurukan masa lalu yang mengganggu anda.

Sadar bahwa anda hidup di jaman sekarang. Menjalani hidup dengan banyangan masa lalu hanya membuat anda semakin lemah. Songsong cita-cita yang belum sempat anda raih. Jadikan trauma masa lalu sebagai pelajaran untuk mencapai cita-cita anda.

11. Belajar dan terus belajar

Sebagai manusia kita patut bersyukur pada keagungan Tuhan. kita di anugrahi kemampuan untuk berfikir. Kita hanya perlu mengasahnya dengan belajar dan terus belajar.

Membaca buku dan belajar pada orang lain akan menambah wawasan serta pengetahuan. Belajar bukan hanya saat anda masih sekolah. Saat anda sudah berkeluargapun masih wajib untuk belajar. 

Jalanilah setiap detik kehidupan ini dengan menambah ilmu walaupun hanya sebesar butiran pasir. Karena mental anda akan semakin kuat ketika ilmu pengetahuan dan wawasan anda luas.

12. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga akan menyehatkan tubuh anda. Selain tubuh anda sehat, pikiranpun bisa semakin jernih karena aliran darah anda lancar. Ketika tubuh dan pikiran anda lebih fresh maka mental akan semakin kuat.

Jika anda jarang berolahraga, anda bisa memulai olahraga di pagi hari dengan jalan kaki keliling komplek. Tingkatkan olahraga anda setiap harinya dengan joging atau sprint untuk memacu jantung anda. Olahraga ringan seperti push up, side up  dan senam bisa menjadi menu tambahan ketika tubuh anda mulai terbiasa dengan aktifitas baru anda. 

Selain anda mendapatkan mental yang kuat. Tubuh akan semakin sehat dan atletis jika anda rutin berolahraga.

13. Belajar untuk bertanggung jawab

Bertanggung jawab adalah langkah penting dalam melatih kekuatan mental anda. Anda akan menjadi orang yang lebih berguna untuk orang lain.

Contohnya saja jika anda seorang kepala rumah tangga yang baru saja mendapatkan momongan. tentu tanggung jawab anda akan bertambah seiring kehadiran sang buah hati. Anda bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan baru seperti popok dan susu. 


14. Berani untuk ambil resiko

Banyak orang di dunia ini yang tidak berani mengambil resiko untuk memulai sesuatu yang baru. Padahal mungkin saja resiko yang akan di ambil itu merupakan kesempatan emas untuk mengubah hidup menjadi lebih baik.

Jika anda berani mengambil resiko, maka anda akan dihadapkan pada sebuah tantangan baru yang akan menguras seluruh kemampuan anda. Anda tidak perlu memikirkan hasil akhirnya. Cukup berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan resiko yang telah anda ambil.

Sebagai contoh, anda ingin berjualan pulsa di kantor tempat anda bekerja. Namun sebelum memulainya anda takut orang kantor banyak yang berhutang. Tetapi anda tetap mengambil resiko untuk berjualan. Apapun hasilnya nanti itu sudah menjadi resiko yang anda ambil.

15. Berceritalah pada sahabat

Anda tidak hidup sendiri didunia ini. Ada orang tua, kerabat, teman dan orang lain di sekeliling anda. Apapun masalah yang anda hadapi jangan anda pendam sendiri. Berbagi ceritalah kepada orang yang kamu percaya.

Misalnya sahabat, seorang sahabat biasanya akan memberikan solusi tentang permasalahan yang sedang anda hadapi. Untuk itu terbukalah pada sahabat anda. Sahabat yang baik tidak akan menjerumuskan namun akan memberikan nasehat yang baik.

16. Meditasi

Melakukan meditasi untuk melatih kekuatan mental perlu anda coba. Anda bisa melakukannya di tempat yang sunyi di alam terbuka agar pikiran dan perasaan anda bisa terpusat. Anda bisa meluangkan waktu selama 10-40 menit agar jiwa anda segar kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar