Senin, 24 Oktober 2016

12 Cara Membangun Kebiasaan Bangun Pagi


Bangun pagi terasa sulit dilakukan oleh sebagian orang. Udara dingin dan rasa kantuk membuat sebagian orang lebih memilih menarik selimut dan melanjutkan tidurnya.

Hal ini tentu berbeda dengan orang jaman dulu. Selepas sholat isya, biasa jalanan sudah sepi. Kebanyakan orang telah menutup pintu rumah masing-masing. Mereka memilih untuk tidur awal agar besok bisa lebih fresh untuk bekerja.

Bandingkan dengan jaman sekarang. Banyak faktor yang membuat orang malas untuk bangun lebih awal. Pengaruh teknologi yang semakin maju, tuntutan pekerjaan dan banyaknya hiburan malam yang bertebaran hampir di semua tempat membuat orang sibuk dengan kegiatan masing-masing.

Bagaimana dengan anda?

Apakah anda mengalami kesulitan untuk bangun pagi lebih awal?

Memang tidak mudah untuk membiasakan bangun pagi. Butuh proses dan sedikit pengorbanan agar anda terbiasa. Jika anda tidak tahu caranya saya akan membantu anda.


Berikut ini 12 cara membangun kebiasaan bangun pagi yang perlu  anda coba.

1. Diawali dengan niat

Segala sesuatu yang ingin anda lakukan harus didasari niat yang sunggguh-sungguh. Kenapa? Karena jika niat anda setengah-setengah, hasilnya pun akan demikian. 

Anda mungkin pernah mengalami ketika niat anda tidak tulus untuk bangun pagi. Maka waktunya bangun anda akan malas untuk beranjak dari tempat tidur. Anda akan berkata dalam hati " Masih gelap, tidur lagi 10 menit ah." Sepuluh menit kemudian bukannya bangun malah kebablasan.

Untuk itu anda harus niat sungguh-sungguh agar bisa bangun lebih awal. Tuhan pasti mendengar niat baik anda untuk bangun pagi sehingga tuhan akan membantu anda.

2. Ingat kewajiban anda

Jika anda orang Islam. tentu anda punya kewajiban di pagi hari yang tidak bisa anda tinggalkan, yakni shalat subuh. Ingatlah kewajiban anda tersebut. Jangan anda hanya meminta hak pada tuhan tapi lupa akan kewajiban anda.

Bagi yang sudah berkeluarga. Anda juga bisa sekaligus mendidik anak agar terbiasa bangun pagi untuk shalat subuh. Namun untuk melakukannya, anda mesti memberi contoh terlebih dahulu.

3. Buat jadwal kegiatan di pagi hari

Buatlah jadwal kegiatan di pagi hari agar anda terbiasa untuk bangun lebih pagi. Anda bisa membuat jadwal dari mulai bangun tidur sampai berangkat kerja. 

Misalnya saja seperti jogging, memasak, bermain dengan anak atau menyiapkan barang-barang yang akan anda bawa ke kantor. Dengan adanya kesibukan di pagi hari tentu anda akan dapat mengendalikan rasa ngantuk saat bangun tidur.

4. Jangan makan terlalu kenyang

Dalam kondisi apapun, makan terlalu kenyang memang tidak baik. Anda perlu mengontrolnya. Apalagi pada malam hari. Selain dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Terlalu kenyang akan membuat tidur anda terlalu nyenyak. Selain itu badan anda akan terasa capek sehingga malas untuk bangun

Anda bisa menyiasati makan sebelum jam 7 malam. Usahakan jangan terlalu banyak makan yang mengandung karbohidrat sehingga anda tidak kekenyangan. Makan 2-3 jam sebelum tidur akan membantu organ dalam perut anda untuk mencerna makanan. 

Jika anda masih merasa lapar. Lebih baik konsumsi buah-buahan agar ketika bangun tubuh anda akan terasa lebih segar.

5. Tinggalkan alat-alat elektonik

Semakin kesini perkembangan teknologi semakin maju. Dulu alat elektronik yang cukup populer hanya radio dan televisi. Sekarang hp terutama smartphone menjadi barang favorit yang dimiliki oleh kebanyakan orang. Dengan banyaknya fitur dan game yang menarik membuat orang lupa waktu.

Selain itu, bermain smartphone terlalu lama mengakibatkan kesehatan mata menurun dan otak menjadi lelah karena anda dituntut konsentrasi saat menggunakannya. 

Jika anda ingin tidur lebih tenang. Anda harus tinggalkan semua alat elektronik. Usahakan untuk tidak memasukkan alat elektonik seperti televisi, laptop atau hp ke dalam kamar agar tidak mengganggu tidur anda. 

6. Setel alarm dan taruh di tempat yang sulit di jangkau


Karena anda masih dalam tahap membiasakan diri untuk bangun pagi. Anda harus menggunakan alarm sebagai jaga-jaga seandainya tidur anda anda terlalu lelap.

Taruhlah alarm di tempat yang sulit di jangkau. Sehingga ketika anda mendengar bunyi alarm yang nyaring. Anda harus berusaha bangun dari tempat tidur untuk mencari alarm guna mematikannya.

Setelah anda terbiasa bangun pagi tanpa alarm sekalipun anda tetap akan terbangun.

7. Minum air putih sebelum dan sesudah tidur

Anda bisa minum air putih 1-2 gelas sebelum tidur. Akan banyak manfaat yang anda dapatkan jika biasa minum air putih sebelum tidur. Organ tubuh anda akan lebih sehat karena peredaran darah lancar.

Selain itu dengan mengkonsumsi air putih. Maka anda akan merasa ingin kencing sehingga anda harus bangun pagi harinya

Saat anda sudah bangun, anda bisa minum lagi untuk menghilangkan rasa kantuk anda. Cairan yang masuk ke dalam tubuh akan membantu mengganti cairan yang hilang selama anda terlelap sehingga anda tidak mengalami dehidrasi.

8. Usahakan untuk tidur lebih awal

Tidur awal akan membantu anda untuk bangun lebih pagi. Durasi waktu tidur yang baik adalah 7-8 jam untuk orang dewasa. Jika sudah tidak ada yang perlu dikerjakan. Sebaiknya anda tidur lebih cepat mulai tidur jam 8 malam sampai jam 4 pagi.

Dengan tidur lebih awal otomatis tidur anda lebih nyenyak dan berkualitas. Anda juga akan merasa lebih segar saat bangun nanti.

9. Matikan lampu saat tidur

Cahaya terang akan membuat anda susah untuk tidur. Tidur anda juga tidak akan nyenyak karena mata anda akan tergannggu.

Untuk itu matikan lampu saat anda mau tidur. Dalam keadaan gelap, mata akan terasa sakit jika terbuka sehingga akan lebih baik jika anda pejamkan mata dan cepat tidur.

10. Berdoalah sebelum tidur

Dalam kepercayaan apapun doa itu penting. Segala sesuatu yang diawali dengan berdoa pasti akan diberi kelancaran serta kemudahan. Begitu juga dengan tidur. 

Biasakan untuk berdoa sebelum tidur agar tuhan menjaga anda selama tidur. Anda juga tidak akan mengalami mimpi buruk sehingga tidur jadi lebih nyenyak. Ketika bangun anda patut bersyukur pada tuhan karena masih diberi kesempatan untuk membuka mata dan beraktifitas kembali.

11. Tidurlah dengan posisi miring kekanan

Ada berbagai macam posisi tidur yang biasa dilakukan oleh banyak orang.Misalnya seperti terlentang atau tengkurap. Tetapi posisi terbaik saat tidur adalah miring ke kanan

Kenapa? Karena dalam posisi tersebut anda bermanfaat bagi kesehatan anda. Saluran nafas akan lebih teratur sehingga anda tidak akan mendengkur. Selain itu metabolisme tubuh akan berkerja lebih baik. 

Tidur dalam posisi miring ke kanan juga akan meringankan beban jantung karena berada pada posisi di atas. Dengan posisi tidur yang benar akan memudahkan anda untuk bangun pagi.

12. Saat waktunya bangun segera bangkit

Ini yang biasa di alami oleh sebagian orang. Ketika waktunya anda bangun, segeralah beranjak dari tempat tidur. Terlalu lama bersantai di tempat tidur hanya akan membuat anda malas untuk bergerak dan akhirnya memutuskan untuk tidur kembali.

Anda bisa mengantisipasi dengan melakukan sedikit gerakan senam peregangan agar otot anda tidak kaku. Segera bangun untuk membasuh muka dan minum segelas air putih agar rasa mengantuk hilang. 

13. Rutinlah dengan jadwal tidur anda

Jika anda sudah bisa melakukan seperti yang saya sarankan diatas. Anda harus membiasakan diri melakukannya setiap hari. Rutinlah dengan jadwal tidur anda agar anda semakin terbiasa. 

Hari libur bukan berarti anda juga libur bangun pagi. Tetaplah konsisten untuk bangun pagi. Tentu anda tidak ingin usaha anda harus di mulai dari nol lagi hanya gara-gara anda bangun siang sewaktu libur. 

Jika anda sudah memiliki kebiasaan bangun pagi. ketika anda terpaksa harus bergadang. mata anda akan tetap terbuka begitu jadwal bangun anda telah tiba.


Memang cara membangun kebiasaan bangun pagi tidak bisa anda lakukan secara instan. Butuh proses dan latihan agar anda terbiasa melakukannya. Namun jika anda tidak memulai dari sekarang anda akan terus-menerus bangun kesiangan. 




Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar